Kamis, 04 Oktober 2012

Cara Membuat Poster FF

^Annyeong,aku mw bagi-bagi cara buat poster FF,aku ada dua cara nihh tapi sama-sama pake photoshop cs3,ini dia caranya:

CARA 1:
Sebelum Buat Covernya ada baiknya kamu Donwload bahannya dulu
Bahan:

  • Pict*Klik For Large Image*




Langkah-Langkah:
1.Buka Photoshopmu
2.Klik File->Open->Buka ke-3 Foto tadi
3.Seleksi gambar Henry dan Ambernya,Jangan Seleksi Background,Cara Seleksi Bisa kamu lihat Disini
4.Klik File->New Lalu Atur seperti ini

5.Next Klik Move Tool yang ada dipaling Atas lalu kamu pindahin Foto Amber sama Henry kekertas yang kamu buat.Atur seperti ini yah:

6.Next Letakan Background ayunanya kekertas tadi tapi ada caranya:D,letakan Layer Background diatas Background yang ada gambar Lock.Belum ngerti?Lihat gambar ini:

Kalau udh tau atur seperti ini:

7.Klik Eraser Tool lalu atur Opacity dan Flownya menjadi seperti inii:

Klik Image For Large Image
8.Udah kamu atur?Sekarang kamu Blend Gambarnya dengan perlahan,Oh yah!Sebelum ngeblend gambar kamu atur Eraser Tool dulu, ganti Eraser Toolnya menjadi Soft Round 100 pixcel.Next kamu blend gambar Henry sama Ambernya seperti gambar ini:

9.Lalu kita Buka PSDnya Choi Eunhae trus pindahin Kekertas Cover itu,Caranya?Difile Brown kamu pindahin kekertas Cover.Jika sudah dikasih PSD Hasilnya akan seperti ini:

10.Next Kita akan menambahkan Judul,Quetes dan DLL.jUDUL bisa terserah kamu kalau aq pake Judul ini:Memories Of Short Life

Dan Hasilnya akan tampak Seperti ini



CARA 2:
1.       Buka dulu programnya. Bisa dari Start > All Programs > terus ke file photoshopnya. Kalau fhai sih pakainya yang portable atau yang siap pakai. Jadi gak usah instal-instalan lagi. Pada saat photoshop dibuka, halamannya akan muncul seperti ini.
2.       Untuk membuat lember kerjanya, klik File > New.
3.       Setelah itu, akan muncul jendela seperti ini.
Disini kita tentuin ukuran poster yang mau kita buat. Nah.. disini fhai mau bikin poster yang widthnya 1024 dan heightnya 600. Nanti saat klik OK, jadinya seperti ini.
4.       Nah, baru kita mulai berkreasi. Disini fhai mau bikin poster untuk ff Super Junior yang castnya Donghae. Ini cuma contoh ya... nah, kalau mau import foto ke photoshop tinggal klik File > Open. Terus select fotonya. Jadi begini deh....
5.       Lalu kita ,masukin foto cast ceweknya. Atau cast-cast yang berperan penting di ff tersebut. Nah, kalau mau masukkin cast lebih dari 2 di poster ff harus diingat! Cast yang paling penting harus terlihat lebih mencolok di posternya. Cara masukkin fotonya sama aja kayak yang tadi.
6.       Nah, lalu kita mulai main-main sama tools deh. Gimana caranya mindahin Donghaenya ke lembar kerja yang udah kita bikin tadi? Easy! Kita punya banyak tools buat select bagian foto tertentu di photoshop.

Yang di sebelah kiri namanya Magnetic Lasso Tool. Yang disebelah kanan namanya Quick Selection Tool. Terserah mau pilih yang mana. Dua-duanya sama aja kok,,,
Tapi untuk pemula mungkin pakai Quick selection Tool kali,ya? Soalnya awal-awal fhai pakainya Quick Lasso Tool.
7.       Nah, ketika Quick Lasso Tool sudah diklik tinggal klik Donghaenya. Dan tarik area selectnya sesuai keinginan. Kita bisa atur besar diameter selectionnya.
Tapi, sebelum itu coba lihat dulu gambar dibawah ini. Ada kayak kuas yang mempunyai tanda + sama -,kan? Itu berfungsi sebagai penambah dan pengurang area yang si select. Arachi?
Nah, ini dia Donghae yang sudah diselect menggunakan Quick Selection Tool. Keliatan kan ada garis putus-putusnya?
Untuk memindahkannya, klik Ctrl + C lalu klik Ctrl + V di lembar kerjanya.
8.       Nah, sudah ada? Tapi gimana kalau gambarnya jadi besar? Atau malah terlalu kecil? Gampang!! Klik lembar kerjanya, lalu tekan Shift + T dan atur ukuran fotonya sesuai keinginan. Misalkan jadi seperti ini.
9.       Lalu kita lakukan juga hal yang sama pada foto castnya yang lain.
Sudah paham sampai sini? Nah, ada satu hal lagi yang harus kalian tahu untuk menggunakan photoshop. Yaitu layer yang berada di pojok kanan bawah program.
Layer 1 >> Foto Donghae
Layer 2 >> Foto Ulzzang
Background >> lembar kerjanya. Buka kunci yang ada di layer background dengan mengklik 2 kali setelah itu kunci background akan berubah nama menjadi Layer 0.
10.   Kita rapihkan fotonya. Klik Blur Tool  untuk merapihkan foto yang rada-rada roges itu lho.... biar kelihatannya rapi... klik blur toolnya dipinggir-pinggir foto. Nah, gimana? Lebih rapih tidak?
Blur Tool
11.   Sekarang bagaimana dengan backgroundnya? Gak mungkin kan posternya putih doang? Nah, kita bisa membuat backgroundnya dengan cara import foto, atau mencuri background foto lain. Mencuri disini gak bakal masuk penjara kok! Fhai jelasin bagaimana cara ‘mencuri’ background dari foto lain. Menggunakan Rectangular Marquee Tool  kita bisa select area dalam bentuk persegi saja. Lihat ara persegi di sebelah Donghae? Nah, area yang ada di persegi itu akan kita jadikan sebagai background posternya. Tean Ctrl + C, lalu tekan Ctrl + V di lembar kerjanya. Tapi sebelumnya buat layer lalu pindahkan layer baru tersebut antara Layer 0 dan Layer 1. Lalu Ctrl + V di layer barunya. Dan perbesar gambar yang di paste tadi.
Rectangular Marquee Tool
12.   Gunakan effect yang tersedia untuk membuat sesuatu tampak lebih bagus. Membuat sesuatu yang indah itu gak harus menggunakan alat yang indah loh,, kita bisa membuat gambar menjadi gradient trasnparan menggunakan eraser loh.... see?
Eotteoke? Bagaimana caranya? Kita obrak-abrik Option Bar yang ada di bawah Menu Bar. Di Option Bar ada pengaturan diameter, Mode (pilih mode Brush), Opacity (Gunakan 100%), dan flow (Gunakan 50%) lalu klik layernya. Tadi disebutkan di langkah 9, foto Donghae ada di layer 1 dan foto ulzzangnya ada di layer 2. Kalau mau perbarui foto Donghae harus klik layer 1 dulu, begitu juga dengan foto ulzzangnya.
13.   Kita buat poster ini sederhana dulu ya? Lama-lama akan banyak lagi tools yang dipakai. Semakin giat belajar photoshop, makin terampil menggunakan tools-toolsnya. Gunakan Horizontal Type Tool yang buttonnya bergambar huruf ‘T’ untuk membuat text.
14.   Terakhir, bagaimana cara save posternya? Klik File > Save lalu muncul jendela seperti ini.
Jangan buru-buru klik Save! Lihat dulu format file yang di save. Kalau formatnya .psd atau .pdd, itu nanti Save Project. Save Project itu berarti kita gak simpan gambarnya, tapi kita simpan proyeknya. Jadi bisa kita perbaharui lagi suatu hari. Kalau mau disimpan dalam bentuk gambar, ubah formatnya menjadi .jpeg, .jpg, atau .png karena itu termasuk file gambar. Baru klik save. Setelah itu kita tentukan kualitas gambar posternya. Lalu klik OK.
15.   Sudah klik OK, maka gambar sudah tersimpan! Buka gambarnya ditempat tadi menyimpan. Cuma buat check aja... udah bener-bener kesimpan atau gak. Sudah tersimpan? Chukkae!!!
Nah,Segitu dulu yahh ANNYEONG.....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar